,


Kamis, 08 Desember 2011 - 11:35:12 WIB
Operasi Zebra, Polisi Rajin Tilang Motor
Kategori: Peristiwa - Dibaca: 433 kali

Lumajang - Polres Lumajang dibuat tercengang menyusul masih banyaknya pengendara roda dua yang melakukan pelanggaran lalu lintas dan kelengkapan surat-suratnya. Dari operasi Zebra yang dilakukan Satlantas Lumajang, setiap hari berhasil menertiban dan menilangan ratusan kendaraan motor. "Setiap operasi, petugas di lapangan bisa menilang dan menindak lebih dari seratus pengendara motor," kata Kasatlantas Polres Lumajang, AKP Triyanto.

Dia menambahkan, selama dua hari operasi terjaring dan ditindak dengan diberikan sanksi tilang terhadap 319 pengendara. Memasuki hari ketiga, jumlah pelanggar lebih banyak lagi, karena tercatat mencapai 479 pengendara yang ditilang polisi." Pelanggaran banyak yang tidak memiliki SIM dan kelengkapan motor kurang bisa menyebabkan kecelakaan," ungkapnya.

Pengendara motor yang ditindak banyak mengaku surat kelengkapan berkendara tertinggal di rumahnya. Semisal SIM dan STNK. Namun, dari beberapa anak muda yang mengendarai motor, mereka tidak memiliki SIM. "Kalau sudah seperti ini, masyarakat Lumajang sulit diajak tertib lalu lintas," ujarnya,

Operasi Zebra yang diadakan akhir tahun untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas saat perayaan tahun baru. Sehingga, para pengendara yang terkena tilang untuk mengurus SIM. "Semoga saja mereka mau mengurus SIM," ungkap Triyanto. (kln)