,


Kamis, 03 November 2011 - 21:16:28 WIB
Permintaan Pisang Mas Kirana Tinggi
Kategori: Ekonomi - Dibaca: 1014 kali

Senduro - Perminataan pisang mas kirana dari pasar luar Lumajang sangat tinggi. Akibatnya, petani pisang di kawasan senduro kesulitan dalam memenuhi permintaan yang mencapai ratusan ton, sehingga belum berani me-ngekspor ke luar negeri.

Kelompok tani "Raja Mas" bersama 5 kelompok tani lainya, ada sekitar 350 ton pisang mas kirana permintaan pasar lokal, tetapi baru bisa memenuhi permintaan sekitar 250 ton. Hal ini dikarenakan lahan milik warga di Kandang tepus dan senduro sekitarnya semakin sempit dengan pemukiman, sehingga animo warga menanam pisang mas kirana sudah cukup.

"Kendalanya, lahan dan tanaman pisang kirana baru di kecamatan senduro saja, bila dikembangkan ke kecamatan lainya bisa memenuhi permintaan pasar itu," ungkap Achmad Nurkolis selaku ketua kelompok tani "Raja Mas".

Sekedar diketahui, Lumajang yang dikenal sebagai kota Pisang sudah dilirik sejumlah importir dan pasar lokal. Tingginya permintaan pisang, belum diimbangi dalam pengembangan dan perluasan lahan.  Pisang mas kirana dikirim ke Surabaya, Jogya, Semarang dan Tagerang.

Pisang mas kirana Lumajang memiliki citra rasa manis, saat dikupas mudah, kulit kuat dan masa untuk matang mencapai 1 minggu. Pisang mas kirana sangat beda dengan pisang mas lainya.(kln/ian)