,


Sabtu, 10 November 2012 - 20:02:16 WIB
Veteran Pejuang Dongeng Peperangan Melawan Penjajah di Lumajang
Kategori: Sejarah dan Budaya - Dibaca: 594 kali

Kabarlumajang - Demi memberikan semangat perjuangan dan jiwa kepahlawana. Personil Polres Lumajang mendengarkan sebuah dongeng dari para Veteran Perjuangan dan Warakawuri tentang aksi-aksi dan kisah heroik perjuangan dulu. Kegiatan ini diikuti seluruh personel Polres Lumajang dan Polsek dengan mengenakan pakaian pejuang.

Di Mapolres, sejumlah Veteran mendongengkan kisah kepahlawanan dari serangkaian pertempuran yang terjadi di Lumajang. Diantaranya yang melibatkan sejumlah pahlawan Lumajang, Kapten Suwandak, Mayor Kamari Sampurno Kyai Ilyas dan masih banyak pahlawan lainnya dalam berbagai perang gerilya mengusir penjajah Belanda maupun Jepang di Kota Pisang ini. "Kita melawan penjajah NICA lengkap dengan senjata mesin dan tank, jadi kita melakukan greliya," ujar salah satu veteran pejuang.

Kapolres Lumajang, AKBP Susanto mengatakan, dengan mendegarkan dogeng dari pejuang, anggotanya bisa mengambil hikmah perjuangan pahlawan dalam mempertahankan NKRI. Selain itu, dengan semangat para pahlawan, anggotanya memiliki jiwa nasionalisme serta dalam bertugas profesional melayani masyarakat, bangsa dan negara. "Kita ini hanya bisa menikmati hasil kemerdekaan yang diperjuangkan para pahlawan dan veteran, jadi kita harus meneladani mereka sebagai penerus bangsa," teranganya.(kln/red)