,


Rabu, 18 Juli 2012 - 15:23:25 WIB
Program Sigarpun Bulat Jadi Program Nasional
Kategori: Ekonomi - Dibaca: 331 kali

kabarlumajang- Bupati Lumajang Dr.Sjahrazad Masdar kemarin menghadiri peringatan hari Krida Pertanian yang ke 40 dikawasan wonorejo Terpadu. Dalam sambutannya,Bupati Lumajang Dr S.Masdar mengatakan, Gerakan Pupuk Organik dan Bibit Unggul Bersertifikat (Sigarpun Bulat) yang merupakan program lokal Lumajang dalam peningkatan produksi pertanian segera menjadi program Nasional. "Sigarpun Bulat mulai menjadi perhatian nasional," ujar Masdar.

Masih kata Masdar, program Sigarpun Bulat merupakan program yang sangat tepat bagi para petani di Indonesia. Karena program ini dalam rangka mengembalikan kesuburan tanah melalui pupuk organik. "Untuk meningkatkan produksi dengan petani harus menggunakan bibit unggul bersertifikat, dijamin melimpah," Jelasnya.

Program Sigarpun Bulat dalam pertanian Lumajang memiliki tujuan dalam peningkatan produktifitas pangan dianggap bagus oleh Kementerian Ekonomi.  Bupati Lumajang menyurati presiden agar program Pertaniannya menjadi gerakan Nasional. "Sigarpun Bulat akan jadi program Nasional," ungkap Masdar.

Terpisah, Ir. Paiman selaku Kepala Dinas Pertanian Lumajang mengatakan, program Sigarpun Bulat memiliki tujuang jangka pendek selama 5 tahun agar hasilnya terlihat. Dikarenakan, kesuburan tanah di Lumajang sangat rendah dalam kandungan bahan organiknya dibawah 2 persen. "Padahal tanah yang subur bahan organiknya minimal 5 sampai 6  persen," ujarnya.

Belum genap setahun Sigarpun Bulat dampak dari produksi pertanian di Lumajang sudah diakui Kelompok Tani. Bahkan, kini produksi beras mulai meningkat dengan sedikitnya serangan hama wereng. "Inilah yang menjadikan pertanian di Lumajang menjanjikan," pungkas Paiman.(kln/bjc/red)