,


Kamis, 14 Juni 2012 - 19:22:01 WIB
KPU Lumajang Mengelar Seminar Meningkatan Peran Serta Masyarakat Dalam Pemilu dan Pilkada
Kategori: Birokrasi - Dibaca: 438 kali

Kabarlumajang - KPU LUmajang mengelar Seminar SOsialisasi Penyelengaraan Pemilu di Hall Amanda, di Jl. Panjaitan, Kamis(14/06/2012). Seminar tersebut, demi meningkatkan peran serta masyarakat dalam pemilu demokratis.

Kegiatan yang dihadiri perwakilan parpol, ormas,LSM, Mahasiswa, PKK dan jurnalis berlangsung hangat. Pemilu dikaji dari berbagai aspek baik yuridis formal, mekanisme pemilu, tahapan dan sengketa pemilu yang terjadi.

Pemateri dari Bawaslu, Sri Sugeng Pujiatmiko, SH, Dr. Widodo Ekatjahjan SH, M.Hum dari Dosen Tata Negara Fakultas Hukum Unej dan Drs. Nadjib Hamid selaku Komisioner KPU Jatim memaparkan soal Pemiludan pilkada pentingnya keterlibatan masyarakat mendapat tanggapan daripeserta.

Ketua KPU Lumajang, Hery Sugiharto mengatakan, dalam pemilu dan pilkada keterlibat masyarakat sangat penting untuk memilih pemimpinnya. Sehingga, masyarakat diharapkan juga menyukseskan kegiatan Pemilu atau Pilkada, baik menjadi bagian PPK dan KPPS di daerahnya masing-masing. "Masyarakat harus berpartisipasi," ungkapnya.

Sri Ugeng menyampaikan soal meningkatkan peran serta dan pengawalan masyarakat dalam mewujudkan pemilihan umum yang demokratis perlu dilakukan di Lumajang. Karena dalam dua kali pemilu terkahir, tingkatkehadiran pemilih menurun. "Banyak instrumen agar masyarakat berpartispasi dalam pemilu," ungkapnya.

Sementara, Najib Hamid mengatakan, KPU sebagai penyelenggara pemilu harus melibatkan semua elem masyarakat untuk menyukseskan kegiatanya yang tertuang dalam Undang-Undang. Selain itu, perlu ada kearifan lokal demi menyukseskan pemilu dan Pilkada. "Hubungan Pemilu dan pemilih sangat erat kaitanya," jelasnya.(adm/red)