,


Sabtu, 21 April 2012 - 23:23:22 WIB
Peninggalan Sejarah Lumajang Diverivikasi
Kategori: Sejarah dan Budaya - Dibaca: 665 kali

kabarsukodono -  kabarsukodono - Sebanyak 9 orang dari BP3 Trowulan  melakukan verifikasi pada peninggalan benteng kotaraja Lamajang- Situs Biting, Desa Kutorenon Kecamatan Sukodono, Sabtu(21/04/2012).BP3 Trowulan-Jawa Timur ini direncanakanakan  melakukan verifikasi peninggalan cagar budaya di Lumajang dalam 10 hari kedepan.

Aries Soviyani, Plt Kepala BP3 Trowulanmengatakan, pihaknya melakukan verifikasi peninggalan di Lumajang untuk mengetahui apa peninggalan tersebut rusak, berpindah atau sudah hancur. Yang nanti hasilnya, dijadikan acuan dan laporan ke pusat, bila nanti situs yang ada dijadikan kawasan atau benda cagar budaya.

" Semua peninggalan yang ada di Lumajang akan dicek dan didata sesuai laporan penelitian yang dulu," jelasnya.

BP3 hanya melakukan pelestarian, tetapi proses penetapan sebagai cagar budaya oleh kepala daerah sesuai UU no. 11 tahun 2010 tentang cagar budaya. Verifikasi peninggalan cagar budaya di Lumajang baik yang lama dan baru ditemukan.

"Kita juga akan mengecek peninggalan punden berundak di Candipuro dan Senduro," ungkap Aries.

Selain di Lumajang, BP3 Trowulan akan melakukan verifaksi peninggalan sejarah di Kabupaten/Kota se Jawa Timur. Pasalnya, banyak temuan baru yang dilaporkan masyarakat.

"Kepedulian terhadap peninggalan cagar budaya mulai meningkat, ini butuh pelayanan dan penanganan cepat," terang.(adm/red)