,


Rabu, 04 April 2012 - 18:47:49 WIB
Pemkab Lumajang Akan Ajukan 15 Raperda Untuk Dibahas Dewan Ditahun 2012
Kategori: Parlemen - Dibaca: 434 kali

Kabarlumajang - Pemkab Lumajang lewat Bagian Hukum berencana akan mengajukan 10 sampai 15 Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tahun 2012 untuk dibahas bersama-sama dengan DPRD, termasuk sisa Raperda tahun kemarin yang belum sempat terbahas dalam Sidang Paripurna Dewan.

Demikian penjelasan Kepala Bagian Hukum Pemkab Lumajang Mansyur Hasan, SH. Diantara Raperda yang akan dibahas tersebut yaitu tentang Retribusi, Raperda tentang kawasan merokok, dan Raperda tentang Kesehatan.

Menurut Mansyur, pihaknya juga pernah dipanggil oleh Badan legislatif (Banleg) terkait dengan rencana pembahasan puluhan Raperda pada tahun 2012 ini, dalam pertemuan dengan Banleg tersebut pembahasannya masih belum tuntas, dan rencana untuk pembahasan puluhan Raperda itu akan dibicarakan kembali.

Hanya saja menurutnya, untuk Raperda tentang Retribusi yang tahun kemarin belum sempat terbahas maka untuk tahun 2012 ini akan dibahas dan dituntaskan, pasalnya kata Kabag Hukum ini, sesuai dengan Undang-undang yang ada Raperda Retribusi harus dibahas dan dilaksanakan pada tahun 2012 ini.

Ketika ditanya soal apakah cukup waktu untuk membahas dan menyelesaikan puluhan Raperda tersebut, menurut perkiraannya waktu yang diberikan dianggap sudah cukup, sebab Dewan sendiri nantinya akan mengajukan hak-hak inisiatif, sehingga diperkirakan dalam pembahasan 10 sampai 15 Raperda yang akan dimulai pada Bulan Mei 2012 nanti tidak akan mengalami keterlambatan, karena sebelumnya antara Dewan dan Pemerintah sudah ada kesepakatan bersama untuk menuntaskan belasan Raperda tersebut. (kln)