,


Jumat, 23 Maret 2012 - 21:27:29 WIB
Situs BIting "Kotaraja Lamajang" Sangat Layak Jadi Wisata Sejarah dan Budaya
Kategori: Sejarah dan Budaya - Dibaca: 800 kali

Kabarsukodono - Kepala Kantor Pariwisata, Seni dan Budaya Lumajang, Drs. Gawat sangat kagum dan bangga dengan peninggalan benteng kotaraja Lamajang berserta isinya di Dusun Biting Desa Kutorenon Kecamatan Sukodono. Pasalnya, sejumlah sisa bangunan benteng kotaraja Lamajang masih utuh tertimbun tanah dan hanya sebagai yang tampak disebalah utara Makam Minak Koncar/ Arya Wiraraja.

"Situs Biting sangat layak menjadi obyek wisata sejarah dan budaya," kata Gawat saat meninjau langsung lokasi Situs Biting yang memiliki luas 135 Hektar, Jum'at(23/03).

Situs Biting ternyata sebuah peninggalan benteng kotaraja Lamajang yang spektakuler yang dimiliki Kabupaten Lumajang. Bahka, sejumlah artefah masih berserakan dan perlu penyelamatan segera. "Eman, sekali bila Situs Biting dibiarkan hancur oleh alam dan manusia, ini cagar budaya Kerajaan lamajang yang patut dilestarikan," paparnya.

Situs biting yang berada dilokasi strategis sangat layak dijadikan tempat wisata sejarah bagi orang Lumajang maupun luar daerah. Jika sejumlah peninggalan benteng diselamatkan, Gawat yakin bisa menjadi tujuan wisata Internasional. "Ini luar biasa, apalagi yang membangunan Situs Biting adalah pendiri dan arsitek Kerajaan Majapahit di Mojokerto," jelas pria yang pernah di Inspektorat Lumajang itu. (kln)